GENDER MAINSTREAMING

D E T A I L   A R T I K E L

Kesetaraan Gender, Pontianak Miliki Banyak Pejabat Perempuan

TIMESINDONESIA, PONTIANAK – Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyebutkan kesetaraan gender dijajaran Pemerintah Kota Pontianak telah lama diimplementasikan, dengan memberikan proporsi bagi kaum perempuan dalam menduduki jabatan birokrasi.

Bahkan menurutnya, ada beberapa jabatan yang secara mestinya diduduki kaum lelaki, namun diisi oleh perempuan, seperti Kasat Pol PP, Kadishubkominfo, dan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan. “Di Pontianak ini diisi oleh perempuan, buktinya mereka bisa dan tidak kalah dengan prestasi kaum laki-laki,” ujar Edi Kamtono menyikapi penghargaan APE yang diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA)Yohana Yembise, Rabu (21/12/2016) di Jakarta.

Selain itu, banyak lurah dan camat juga ditempati perempuan. “Jadi perempuan tak harus menjabat pada posisi yang berkaitan dengan peminisme,” imbuhnya.

Atas penghargaan yang diterima, Edi Kamtono menegaskan Pemkot Pontiamak akan meningkatkan kualitas persamaan kaum perempuan di Kota Pontianak dengan langkah-langkah kegiatan konkrit.

Hal itu bertujuan untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan, baik di lingkungan rumah tangga, masyarakat maupun kehidupan bernegara.

“Melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program diberbagai bidang kehidupan dan pembangunan,” jelasnya. (*)

Sumber: timesindonesia.co.id