GENDER MAINSTREAMING

D E T A I L   A R T I K E L

Keterlibatan Perempuan di Demplot LPHD Kalibandung 

 

Kubu Raya – Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Kalibandung sedang membangun Demplot dengan melibatkan perempuan dalam pengisian polybag dan pemindahan bibit cabutan.

Pemindahan bibit cabutan dalam polybag merupakan bibit yang diambil dari Hutan Lindung Desa Kalibandung untuk dilakukan penanaman kembali di Demplot LPHD Kalibandung.

Adapun jenis bibit cabutan yang diambil dari Hutan Lindung Desa Kalibandung, yaitu Daun pandan (Selinsing), Meranti, Terentang, Gasing-gasing (Kraci), Lukai, Ramin, Jelutung, Jungkang, Piais, Ubah, Pacat-pacat, Mentibu, Bintangor, Kayu malam, Mengkajang.

Demplot ini dibangun sejak Mei 2020 lalu. Saat digagas, masyarakat desa berserta LPHD Kalibandung melakukan musyawarah bersama di Aula Kantor Desa Kalibandung. Hingga partisipasi masyarakat aktif dalam menggerakkan demplot tersebut.

Saat ini, pondok untuk persemaian bibit sudah ada. Kemudian, bibit juga sedang disemai oleh masyarakat dengan keterlibatan ibu-ibu yang ada di Dusun Maju Bersama, Desa Kalibandung. 

Demplot yang dikelola oleh LPHD akan menjadi percontohan pengolahan lahan tanpa bakar. Hal ini bertujuan untuk restorasi gambut dan penanggulangan kebakaran di Hutan Desa Kalibandung.