GENDER MAINSTREAMING

D E T A I L   A R T I K E L

KUPS Nanas Desa Kalibandung Dapat Pendanaan dari Bang Pesona

Kubu Raya – Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Nanas, Desa Kalibandung mendapat pendanaan dari Pengembangan Perhutanan Sosial Nasional (Bang Pesona) sebesar Rp50 juta. Pendanaan ini merupakan program pendanaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), yang disalurkan kepada kelompok Perhutanan Sosial sebagai modal usaha peningkatan kapasitas produksi, pengadaan bibit tanaman pohon, tanaman agroforestry dan ternak.

Selain sebagai pengembangan ekonomi produktif kelompok masyarakat, instrumen bantuan keuangan ini dapat diajukan kelompok untuk merehabilitasi hutan dan lahan sebagai komitmen dalam mewujudkan hutan lestari dan masyarakat sejahtera. Untuk mengakses Bang Pesona, kelompok pemegang izin PS dapat mengajukan proposal yang ditujukan kepada Direktur Jendral Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkugan (Dirjen PSKL) melalui Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Kalimantan dengan melengkapi kebutuhan administrasi lainnya.

Untuk mewujudkan hal ini, Kelompok Usaha Perhutanan Sosial perlu menyusun Proposal pengajuan pendanaan terlebih dahulu yang menyesuaikan Rencana Kerja Perhutanan Sosial (RKPS) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) Perhutanan Sosial yang telah disusun oleh LDPH. 

Dalam rangka mengakses Bang Pesona tersebut. JARI Indonesia Borneo Barat telah melakukan fasilitasi diskusi kampung proses penyusunan proposal pendanaan melalui Dana Desa dan Bang PeSoNa, yang melibatkan kelompok mayarakat perhutanan sosial termasuk di dalamnya kelompok perempuan, yang dilaksanakan di tiga desa dampingan JARI dalam program SETAPAK 3, yakni Desa Kalibandung, Desa Sungai Asam dan Desa Nanga Kebebu. Kegiatan pelatihan penyusunan proposal ini dilakukan pada bulan Februari 2022 lalu.

Setelah mendapatkan informasi mengenai dibukanya akses Bang Pesona tahun 2022 dari BPSKL Kalimantan pada bulan Maret 2022. Maka KUPS mulai menyusun dan mengajukan proposal kepada BPSKL Kalimantan. Mei 2022 kabar baik yang ditunggu akhirnya diterima oleh KUPS Nanas Desa Kalibandung yang proposalnya dinyatakan lolos.

Pada tanggal 26 Mei 2022 telah dilakukan verifikasi teknis proposal BANG PESONA yang diajukan oleh KUPS Nanas Kalibandung. Adapun vertek dilakukan oleh tim BPSKL Kalimantan yang pada kali ini diwakili oleh Daud Prihantiro dan Heru Purwanto. Kemudian disambut oleh ketua LDPH Kalibandung, ketua, bendahara dan beberapa anggota pengurus KUPS Nanas dan difasilitasi oleh PO dan Co Lokal JARI.

Kegiatan pada hari itu berisikan agenda; sosialisasi ulang mengenai apa saja hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh KUPS Nanas setelah mendapatkan bantuan BANG PESONA. Memastikan kembali mengenai bibit apa saja yang akan dikelola oleh KUPS Nanas. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan dan penandatanganan dokumen yang diperlukan oleh KUPS Nanas sebagai syarat pencairan termin pertama pada bulan Juni-Juli 2022.

Dalam kesempatan ini BPSKL juga melihat lokasi dan melakukan pengambilan titik koordinat lokasi yang akan digunakan oleh kelompok. Terakhir BPSKL menyampaikan bahwa setelah pencairan termin pertama, akan ada MONEV kembali yang akan dilakukan oleh BPSKL ke Kalibandung, untuk memastikan bahwa KUPS Nanas masih layak mendapatkan pencairan termin kedua.