GENDER MAINSTREAMING

D E T A I L   A R T I K E L

Serapan Anggaran 2017 Pemrov Kalbar Dibawah 20 Persen

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Suriansyah, memaparkan, sampai semester satu tahun 2017 serapan anggaran 2017 pemerintah  masih di bawah 20 persen.

“Seharusnya sudah 50 persen, dan di semester kedua triwulan ketiga ini sudah lebih 75 persen, untuk itu kita minta penyerapan anggaran bisa lebih awal sehingga pelaksanaan proyek-proyek pembangunan bisa lebih awal,” katanya, Sabtu (22/7).

Ia menyebutkan, satu diantara alasan percepatan penyerapan anggaran harus dilakukan adalah untuk  menghindari resiko pemotongan dana alokasi umum akibat dana di kas daerah masih dianggap terlalu banyak.

“(Lambatnya penyerapan anggaran) dari tahun ke tahun ini terus terjadi dan kita harapkan akan ada perbaikan,” harapnya.

Atas lambatnya penyerapan anggaran, Suriansyah menyoroti Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Pertanian kurang cepat dalam penyiapan administrasi yang diperlukan sehingga terjadi keterlambatan, padahal anggaran sudah bersedia.

“Dan harusnya itu bisa diselesaikan,” tambahnya.

Pihaknya tetap menargetkan serapan anggaran tahun 2017 sebesar 100 persen. Sehingga progres serapan anggaran yang dilakukan seluruh SKPD bisa lebih dipercepat.

“Jangan seperti tahun-tahun lalu, akibatnya ada beberapa kegiatan dan proyek yang dipaksa,” pungkasnya.