GENDER MAINSTREAMING

D E T A I L   A R T I K E L

Tularkan Semangat TAKE Kubu Raya ke Sanggau

Saat ini Pemerintah Kabupaten Sanggau tengah menggagas skema Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologi (TAKE). Energi positif politik anggaran terhadap keberpihakan lingkungan yang sebelumnya sudah diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

Dalam rapat yang difasilitasi oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sanggau ini dihadiri oleh beberapa OPD terkait dan CSO. Di antaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Sanggau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau, Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau, Setda Biro Hukum Kabupaten Sanggau, Lembaga Elpagar, serta JARI Indonesia Borneo Barat.

Gagasan penerapan TAKE ini juga didukung oleh Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) dan mendapat dukungan The Asia Foundation (TAF). Dalam kesempatan tersebut, JARI Indonesia Borneo Barat berbagi pengetahuan dan cerita sukses yang telah dilakukan di Kabupaten Kubu Raya. Mulai dari perumusan indikator sampai integrasi kebijakan yang mesti dilakukan oleh lintas stakeholder di Kabupaten Sanggau.