Positif Perkembangan Organisasi Perempuan

Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mendukung mulai tumbuhnya sejumlah organisasi perempuan di Kubu Raya lantaran dinilai bisa menjadi salah satu wadah kaum perempuan untuk memberikan konstribusi lebih besar dalam membangun daerah.

“Apapun jenis organisasinya selama memiliki visi dan misi yang mendorong peningkatan kapasitas kaum perempuan, saya kira wajib diberikan dukungan. Karena pada akhirnya juga memberikan dampak pada peningkatkan kualitas sumber daya manusia terurtama bagi kaum perempuan di Kubu Raya,” kata Rusman Ali, Jumat (11/11).

Bupati Kubu Raya ini mencotohkan salah satu organisasi perempuan yang mulai berkembang di Kubu Raya seperti Serikat Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) yang saat ini sudah memiliki kelompok di sejumlah desa di Kubu Raya.

Lantaran fokus pada pendampingan kemandirian kaum hawa, membuat Rusman Ali menilai Pekka membantu pemerintah daerah setempat dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. “Informasi yang saya dapat, tidak hanya melakukan pendampingan dibidang ekonomi, namun para kaum perempuan,khususnya kaum perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga diberikan pembinaan untuk bisa pro aktif dalam mengembangkan kualitas diri melalui wadah organisasai,” paparnya.

Kedepan Rusman Ali berharap, Pekka dan sejumlah organisasi perempuan lainnya di Kubu Raya bisa selalu bersinergi dengan semua program Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. “Dengan adanya sinergistisas atau dukungan penuh semua pihak, maka akan mempercepat peningakatan kesejahteraan masyarakat di Kubu Raya,” ungkapnya.

Seperti yang kita ketahui para ibu rumah tangga inilah yang mengelola keluarganya, mengelola keuangan keluarganya. Dengan nendapatkan edukasi serta pemahaman yang baik, kita harapkan dapat berdampak pada pengelolaan keluarga yang baik,” ucapnya.. Jika sudah dikelola dengan baik, imbasnya kepada kesehahteraan masyarakat. Karena mereka memiliki kontrol yang baik bagi kelangsungan ekonomi keluarga. Sekaligus membantu suaminya untuk mengatur kebutuhan rumah tangganya.

Secara terpisah, Fasilitator Lapangan Pekka Wilayah Kalbar, Kholilah mengatakan salah satu kontribusi Pekka untuk membantu pemerintah daerah saat ini yaitu dengan membuat buletin jurnalis warga. “Yang membuat buletin itu adalah sejumlah anggota Pekka yang sudah kami berikan edukasi,” terangnya.

Buletin jurnalis warga dibuat berawal dari banyaknya pengaduan atau keluhan masyarakat melalui pesan singkat SMS. Layanan pengaduan masyarakat via SMS dinilai penting dengan tujuan untuk mempermudah pihaknya melakukan advokasi bagi masyarakat berbasis data.

“Jadi saat kami melakukan audiensi dengan pihak pemerintah, kami tidak hanya sekedar bicara, namun ada bukti nyata yang kami sajikan melalui SMS monitoring dan kemudian kami olah menjadi buletin ini,” bebernya.

Diharapkan melalui setiap pemberitaan di buletin tersebut bisa memberikan referensi atau masukan bagi pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk segera menindaklanjuti beragam persoalan masyarakat di lapangan. ”Memang jumlahnya belum banyak, namun setiap buletin yang kami buat itu kami sebar di sejumlah instansi atau kami bawa saat kami melakukukan audiensi bersama aparatur Pemerintahan Kabupaten Kubu Raya,” pungkasnya.

Sumber: www.pontianakpost.co.id

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *