Tingkatkan Kinerja Aparatur Pemerintahan Desa

Kantor Kepala Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B, Kamis (2/3) diresmikan pembangunannya oleh Bupati Kubu Raya, Rusman Ali. “Saya harap peresmian kantor desa ini bisa menumbuhkan suasana baru sekaligus meningkatkan semangat kerja bagi para aparatur pemerintahan Desa Sungai Enau,” kata Rusman Ali usai meresmikan kantor desa yang ditandai dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita.

Dia menilai meskipun kantor desa dibangun megah, namun tidak memberikan konstribusi berarti  setiap aparatur pemerintahan desanya tidak memiliki disiplin dan mentalitas yang tinggi, baik dalam menjalankan roda pemerintahan desa, peningkatan pembangunan desa dan pembinaan masyarakat.

Hadirnya kantor desa yang baru, diharapkan Rusman Ali menjadi momentum bagi seluruh jajaran Pemerintahan Desa Sungai Enau untuk lebih meningkatkan pelayanan penyelenggaraan pemerintah desa dalam melaksanakan pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

“Terlebih aparatur pemerintahan desa merupakan ujung tombak dan garda terdepan dari pemerintah daerah dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini karena baik buruknya kinerja pemerintahan desa tentu akan sangat berpengaruh terhadap baik atau buruknya kinerja pemerintahan pada level di atasnya, mulai dari di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, dan pusat,” paparnya.

Bupati berpesan kepada aparat pemerintah desa Sungai Enau bahwa kemampuan organisasi pemerintah untuk mengenali kebutuhan masyarakat, menyusun agenda, prioritas pelayanan dan mengembangkan program dan kegiatan pelayanan publik sesuai dengan kebutuhan aspirasi masyarakat.

“Apakah pelayanan kegiatan organisasi pemerintah itu dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip administrasi yang benar atau yang sesuai dengan kebijakan organisasi, baik yang implisit atau eksplisit, serta organisasi pemerintah harus mempertanggungjawabkan tindakan dan pekerjaannya kepada publik dan kepada pemerintah,” terang Rusman Ali.

Rusman Ali juga mengimbau kepada Kepala Desa Sungai Enau beserta jajarannya agar selalu menjaga kepercayaan yang telah diberikan pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Kubu Raya, dengan memelihara gedung ini sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

“Karena membangun gedung baru lebih mudah bila dibandingkan dengan merawat dan memelihara gedung sehingga bisa terus dalam keadaan baik,” tegasnya.

Kepala Desa Sungai Enau, Rajali berkomitmen akan terus meningkatkan kuliats kinerja jajarannya termasuk mendorong percepatan pembangunan desa. “Kami akan terus berusaha menjaga kepercayaan masyarakat yang pemerintah daerah yang telah diberikan, namun kami juga memerlukan dukungan penuh semua pihak untuk membangun Desa Sungai Enau ini secara lebih baik lagi ke depan,” pungkasnya.

Sumber

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *