WVI – JARI Indonesia Borneo Barat Adakan Bimtek BUMDes di Dua Desa.

Kubu Raya – Dalam rangka meningkatkan kapasitas Pemerintahan Desa (Pemerintah Desa dan Anggota BPD) tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Wahana Visi Indonesia (WVI) ADP Kubu Raya menyelenggarakan Seminar dan Bimtek tentang BUMDes dan Sosialisasi Perlindungan Anak. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada dua desa di Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya, yaitu Desa Teluk Bakung dan Desa Lingga. Kegiatan di Desa Teluk Bakung di selenggarakan pada hari kamis – sabtu tanggal 16 – 18 Februari 2017, sedangkan di Desa Lingga diselenggarakan pada hari kamis – sabtu tanggal 23 – 25 Februari 2017 bertempat di Aula Pertemuan Kantor Desa masing –masing.

Untuk proses memfasilitasi dan memberikan materi –materi pada kegiatan selama 3 hari di masing – masing desa tersebut,  Wahana Visi Indonesia (WVI) ADP Kubu Raya bekerja sama dengan JARI Indonesia Borneo Barat. Kegiatan Seminar&Bimtek tentang BUMDes dan Perlindungan Anak difasilitasi oleh Faisal Riza sebagai Fasilitator dan Hairul Sani sebagai Co.Fasilitator dari JARI Indonesia Borneo Barat.

Hari pertama Bimtek dimulai dengan sesi pembukaan yang dibuka oleh Kepala Desa pada masing – masing desa, kemudian dilanjutkan dengan sesi bina suasana dan orientasi Bimtek. Sesi ini ditujukan untuk membangun suasana keakraban dan agar saling lebih mengenal satu sama lain. Meskipun pada dasarnya masing peserta sudah mengenal satu sama lain, karena sering bertemu dan tinggal di satu desa.

Setelah sesi bina suasana dan orientasi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi BUMDes Sebagai Penggerak Ekonomi Lokal Desa, Karakteristik BUMDes dan Tata Kelola dan Tata Laksana BUMDes. Pembahasan ini bertujuan agar peserta Bimtek memahami fungsi adanya BUMDes untuk Desa, aturan – aturan yang berkaitan dengan BUMDes, Modal sosial dan modal ekonomi BUMDes di desa setempat, jenis – jenis bisnis usaha BUMDes, bagaimana struktur Organisasi BUMDes serta kewajiaban dan keweangannya.

WVI – JARI Indonesia Borneo Barat Adakan Bimtek BUMDes di Dua Desa.
WVI – JARI Indonesia Borneo Barat Adakan Bimtek BUMDes di Dua Desa.

Pada hari kedua, setelah review pada proses hari pertama, kegiatan dilanjutkan dengan paparan materi tetang memilih usaha BUMDes dan simulasi menyusun rencana Bisnis BUMDes dan materi mendirikan BUMDes. Simulasi dilakukan agar supaya peserta bisa membuat rencana bisnis yang akan dilakukan oleh BUMDes dengan berbagai aspek yang harus dipertimbangkan, seperti aspek Produksi, aspek manajemen dan SDM, aspek keuangan, Aspek Pemasaran dan legalitas usaha. Sedangkan materi Mendirikan BUMDes ditujujan agar peserta memahami bagaimana langkah – langkan untuk mendirikan BUMDes di satu desa maupun BUMDes Bersama, yaitu BUMDes yang dilakukan atas kerjasama beberapa desa.

Pada hari ketiga, setelah proses review hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi tentang perlindungan anak oleh WVI. Setelah sesi perlindungan anak, kegiatan dilanjutkan dengan proses menyusun rencana kerja tindak lanjut (RKTL) yang akan dilakukan masing – masing desa pasca Bimtek dilakukan. RKTL yang dihasilkan adalah kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh pemerintahan desa masing –masing dalam upaya mendirikan BUMDes.

Marino Paat selaku penannggungjawab kegiatan dari WVI mengatakan bahwa kegiatan Seminar&Bimtek tentang BUMDes dan Perlindungan Anak dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam rangka mendorong terbentuknya BUMDes di Desa Teluk Bakung dan Desa Lingga.

Kepala Desa di masing – masing desa sangat menyambut baik dengan adanya kegiatan tersebut, dimana sangat membantu bagi Desa dalam rangka untuk membetuk dan mendirikan BUMDes di Desa nya. Dengan pemahaman dan pengetahuan yang diberikan dapat memberikan pemahaman dan gambaran bagaimana langkah – langkah yang akan dilakukan dalam mendirikan BUMDes.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *